Minggu, 12 November 2017

Bisnis Pembuatan Boneka Wisuda

boneka wisudaBoneka wisuda (graduation doll) dapat dijadikan sebagai hadiah atau souvenir untuk para wisudawan dan wisudawati. Jika anda Jual Souvenir Wisuda Cirebon merupakan seorang pengerajin boneka, maka pembuatan produk Boneka Wisuda merupakan salah satu celah bisnis yang menguntungkan, apalagi masih sedikit kompetitor yang melirik bisnis ini. Untuk sukses dalam usaha ini, ada beberapa kiat yang sebaiknya anda lakukan, diantaranya:

1. Menggunakan bahan-bahan yang sesuai standar nasional
2. Menyediakan boneka dengan beragam ukuran, misal ukuran kecil (30 cm), ukuran sedang (40 cm), dan ukuran besar (50 cm).
3. Selain berupa sosok pelajar, sediakan pula koleksi boneka wisuda dalam model maskot lain, seperti bentuk Doraemon, Teddy Bear, Hello Kitty, Sponge Bob, Winnie The Pooh, Mickey Mouse, dan sebagainya.
4. Pemasaran harus go online untuk menjangkau pasar yang lebih luas, termasuk luar negeri.
5. Menjual dengan harga terjangkau, misal boneka wisuda Size Cutesmall +- 20cm @Rp 55.000, Size Small +- 30cm @Rp 90.000, Size Medium +-40cm @Rp 100.000, Size Big +-50cm @Rp 150.000
6. Menjalin kerjasama dengan para pengelola kampus atau penyelenggara wisuda.
7. Bersedia menerima pesanan model sesuai keinginan pelanggan.

Dengan penerapan tips-tips di atas, niscaya usaha boneka wisuda anda akan mudah mencapai kesuksesan.



Bisnis Boneka Cetak (Press Doll)

Boneka cetak adalah suatu bentuk kerajinan asesoris boneka dengan menggunakan mesin teknologi canggih. Dengan mesin tersebut, anda dapat mencetak foto 3D ke wajah boneka dengan berbagai pilihan variasi yang imut dan lucu, sehingga wajah boneka tersebut mirip dengan foto orang yang anda cetak. Untuk terjun ke usaha ini, ada beberapa alat yang dibutuhkan, antara lain:

Mesin Cetak Boneka atau Doll Press Machine
Seperangkat Komputer (laptop)
Printer (kalau bisa dengan fasilitas scanner dan sistem 6 infus color)
Bahan model topeng cetak dengan berbagai pilihan ukuran (6cm, 12cm, 18cm, dsb)
Boneka dan fasiltas tambahan seperti kamera digital
Proses Pembuatan Boneka Cetak

1. Penyiapan Foto Wajah

Pilihlah foto wajah dengan ukuran minimal 3M pixel. Foto harus bersih dari noise (noda), berwarna lembut (tidak terlalu cerah), tidak ada bayangan dan kontras warna yang cukup. Jangan menerima foto hasil dari bidikan kamera handphone atau laptop yang berlensa kecil, karena hasilnya akan tidak terlalu bagus. Atau anda dapat menerimanya, dengan kerja ekstra untuk mengeditnya sehingga hasilnya pas. Jika pelanggan datang ke tempat usaha anda, ada baiknya anda mengambil gambarnya dengan kamera digital yang anda telah persiapkan.

2. Mencetak Foto dengan Program Photoshop

Buka gambar / foto dengan program photodhop, potong dan edit bagian wajahnya, setelah itu simpan. Selanjutnya buka dengan file baru dalam photoshop dengan rincian lebar 4cm, tinggi 4,5 cm dan resolusi sekitar 300px. Lanjutkan dengan proses layer, stroke, dan sebagainya lalu simpan dalam format JPG atau JPEG. Setelah itu, cetak foto.


3. Cetak Wajah

Jenis muka cetakan yang serupa dengan ‘malam/lilin’ ditempatkan di dalam mesin pencetak boneka. Photo ditempatkan diatas kaca mesin. Setelah itu dengan ikuti instruksi yang ada pada buku tips, jadi sebagian waktu lalu jenis muka cetakan juga akan beralih seperti photo muka yang barusan diedit itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar